Welcome to Yogi Sanjaya Blog

Burgo Makanan Khas Kota Palembang Beserta Resepnya

Tuesday 12 May 20150 komentar

Burgo Makanan Khas Kota Palembang Beserta Resepnya
Kali ini saya akan bercerita mengenai makanan khas kota palembang nih yaitu Burgo. orang palembang pasti sangat tahu dengan makanan yang satu ini dimana saja pasti ada yang menjualnya mulai dari warung kecil-kecilan sampe sekolahan. jujur untuk yg kedua kalinya sebelumnya saya juga telah berbagi tentang Tekwan beserta resepnya Nah, kali ini saya mendapatkan resep ini dari buku lagi walaupun saya tidak mempunyai bakat memasak dan juga bukan chef tapi saya hanya ingin belajar tentang kuliner di indonesia ini agar tahu akan hal dan keanekaragaman budaya saya indonesia yang tercinta ini. oke balik lagi pembahasan mengenai burgo, Burgo merupakan makanan berbahan dasar tepung beras dan tepung tapioka yang dibentuk mirip dadar gulung yang kemudian diiris, dinikmati dengan kuah santan. Hidangan khas Palembang ini biasanya dinikmati sebagai sarapan pagi di palembang, anda bisa membelinya di warung yg menjual makanan ini atau anda bisa juga membuatnya sendiri dengan resep yang telah saya bagikan di bawah ini :

Bahan Burgo :

300 gr tepung beras
60 gr tepung tapioka
½ sdt garam
300 ml air mendidih
500 ml air

Bahan kuah Burgo :

300 gr ikan gabus
500 ml santan, dari ½ butir kelapa
4 lembar daun salam
1 batang serai, ambil bagian putihnya, iris tipis
100 ml air
Garam secukupnya
2 sdm minyak goreng
Bawang goreng secukupnya

Bumbu halus :

6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
½ sdm ketumbar, sangrai
2 cm kunyit
1 cm jahe
2 cm lengkuas
1 butir kemiri, sangrai

Cara Membuat  :

1. Kukus ikan gabus, suwir-suwir lalu sisihkan.
2. Burgo  : Campur tepung beras, tepung tapioka dan garam,aduk rata.Tuang air mendidih aduk hingga rata.Tambahkan air, aduk rata.
3. Panaskan pan dadar (teflon), oles dengan sedikit minyak. Tuang 1-2 sendok sayur adonan, buat dadar,panaskan hingga matang.
4. Angkat lalu gulung.Potong-potong dan sisihkan.lakukan hingga adonan habis.
5. Panaskan minyak,tumis bumbu halus,daun salam,dan serai hingga harum.Tuang air,masukkan ikan.Tambahkan santan dan garam, masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat.
6. Atur burgo diatas piring saji, tuang kuah beserta isinya. Taburi dengan bawang goring. Sajikan.

so.. bagaimana apakah cukup mudah ? lumayan lah apa lagi bagi ibu-ibu rumah tangga mungkin baginya mudah, yak sekian cerita tentang burgo beserta resepnya yg telah saya bagikan ini semoga bermanfaat bagi anda semua, stay visit myblog and see you.
Share this article :
 
Copyright © 2015. Yogi Sanjaya Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Yogi SaN
Proudly powered by Blogger