Welcome to Yogi Sanjaya Blog

Pempek Makanan Khas Kota Palembang

Monday 4 May 20153komentar

Pempek Makanan Khas Kota Palembang
Assalammualaikum Wr.Wb. kali ini saya akan memposting tentang kuliner asal kota 'wong kito galo' siapa lagi kalo bukan palembang. ya.. palembang adalah kota pempek yg kaya akan makanan yang tentunya enak dan lezat, apa lagi membahas soal pempek. ngomong-ngomong soal pempek jadi kepingin beli lagi nih padahal baru saja saya abis makan 12 porsi sendirian pula tu sekarang tinggal fotonya doang yang saya musiumkan di blog saya ini. Pempek Makanan Khas Kota Palembang adalah makanan yang terbuat dari ikan dan sagu. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau “cuko” (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Cuko adalah teman makan pempek yang setia, dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Makanan yang berasal dari Si Apek di tepi Sungai Musi ini, mudah didapat di penjaja dengan gerobak dorong sampai restoran. Makanan yang disukai anak-anak, remaja, dan orang tua ini kaya zat gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badarudin II berkuasa di Kerajaan Sriwijaya. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan “apek”, yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

bagi kalian yang belum mencoba makanan yang satu saya sarankan langsung saja kalian coba dijamin kalian akan ketagihan apa lagi cukanya rasa pedes-pedes gurih gimana gitu. untuk cara pembuatannya cukup mudah, yaa.. mungkin kalian googling aja lah karena postingan saya ini hanya berbagi tentang kuliner yang ada di kota palembang atau kalian bisa beli sendiri di warung tempat kalian tinggal untuk merasakan sensasi makanan khas kota palembang ini.
Pempek Makanan Khas Kota Palembang
Pempek sendiri terbagi menjadi beberapa macam bentuk dan nama, ada yang namanya pempek lenjer, ada juga panggang, pempek isi telur, pempek kapal selam, pempek kulit, pempek dos, pempek kriting, pempek pistel, pempek adaan, pempek pantangan, pempek isi tahu dan lain-lain untuk lebih jelas silahkan lihat gambar diatas. dan Jenis pempek yang terkenal adalah “pempek kapal selam” adalah telur ayam rebus yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama “ada’an”), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek kriting.

Pempek bisa ditemukan dengan gampang di seantero Kota Palembang. Ada yang menjual di restoran, ada yang di gerobak, dan juga ada yang dipikul. Juga setiap kantin sekolah pasti ada yang menjual pempek. Tahun 1980-an, penjual pempek bisa memikul 1 keranjang pempek penuh sambil berkeliling Kota Palembang jalan kaki menjajakan makanannya!

seperti yang orang palembang katakan jika makan pempek harus lah cukanya di hirup agar rasanya tu sampai kesini hehe.. nikmat banget pokoknya apa lagi penutupnya dengan jus jeruk "menurut saya". makanan yang satu pasti akan kalian jumpai saat berkunjung ke kota palembang setiap di pinggiran kota ada saja toko atau warung pempek yang menjual dan berbagai macam bentuk yang mereka jualkan, dan masih banyak lagi cerita tentang kuliner di palembang yang akan saya bagikan agar menambah pengetahuan kalian tentang kuliner indonesia so.. stay visit myblog sampai bertemu di postingan berikutnya.
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

17 May 2015 at 12:18

wahh enak ni gan langsung aq pratek deh

17 May 2015 at 12:27

skli denger nama pempek,, jd mao makan nih..

17 May 2015 at 12:33

hahaha si apek jadi nama makanan hahaha
Baru tau asal usulnya...

Post a Comment
 
Copyright © 2015. Yogi Sanjaya Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Yogi SaN
Proudly powered by Blogger